Monday 2 January 2017

Ayo Menikmati Masa Mahasiswa !

Ayo Semangat kuliah kaka-kaka ! 



Tak terasa saat ini jatah waktuku menjadi mahasiswa sudah limit. Padahal masih banyak kegiatan yang ingin aku ikuti. Masih banyak rasa penasaran dan target-target mahasiswa yang ingin aku capai. Masih banyak hal-hal yang belum aku explore. Masih banyak hal-hal baru yang ingin aku jamah. Tapi waktu rasanya memaksaku untuk segera menyelesaikan studiku dengan baik. Waktu memaksaku untuk segera meninggalkan kampus yang menorehkan begitu banyak cerita dalam hidupku. Kampus yang membuat aku belajar untuk berjuang. 

Rasanya baru kemarin aku diterima sebagai mahasiswa bidikmisi setelah sebelumnya aku gagal. Rasanya baru kemarin di tengah rinai hujan aku bolak-balik menuju gedung rektorat UNJ untuk mengurus berkas-berkas beasiswaku. Rasanya baru kemarin aku berdesakan untuk tes kesehatan di klinik UNJ saat pendaftaran mahasiswa baru. Rasanya baru kemarin aku menjalani masa MPA. Bertemu kaka-kaka kelas. Mengetahui setiap sudut-sudut kampus hijau yang sekarang sudah banyak perubahan di dalamnya. Meneriakkan " Hidup Mahasiswa" dengan teriakan yang penuh semangat 45 :p dan Menyanyikan lagu " Totalitas Perjuangan". Aaaaaaaah rasanya masih sangat lekat dalam ingatan.

Menjadi mahasiswa merupakan anugerah bagi semua orang tak terkecuali bagiku. Anak SMK yang seharusnya bekerja setelah lulus malah "ngoyo" untuk kuliah. Tapi semua itu jadi pembelajaran yang mengajarkan aku untuk keluar dari Zona Nyaman. Zona yang membuat diri melejit atas setiap tekanang. Zona yang membuat raga berpikir cepat untuk segera keluar dan menjemput sebuah kenyamanan dengan perjuangan diri kita.

Dipostingan kali ini aku akan sharing bagaimana menikmati masa-masa sebagai mahasiswa. Aku sering mendengar celotehan kaka-kaka kelas untuk menikmati masa-masa kuliah sebelum menyesali ketika sudah lulus. Awalnya aku mendengar itu dari beberapa orang, tapi semakin lama aku semakin mendengar itu dari banyak orang. Hal tersebut membuatku untuk menarik kesimpulan bahwa masa-masa menjadi mahasiswa memang layak untuk dinikmati. Secara, ketika kita jadi mahasiswa akan ada banyak keistimewaan yang kita dapatkan. Contohnya ketika ada seminar pasti yang menyandang status sebagai mahasiswa selalu dapat potongan harga, lalu setiap datang ke suatu acara baik itu acara kepemudaan atau pemerintahan, yang menyandang status mahasiswa pasti akan diperlakukan lebih ramah. Jadi mahasiswa juga punya kesempatan untuk jalan-jalan gratis dengan kompetensi yang dimilikinya. Masih banyak deh pokoknya keistimewaan kalau kita jadi mahasiswa. Maka dari itu, JANGAN MAU JADI MAHASISWA BIASA
  
Lalu bagaimana  sih caranya untuk menikmati masa itu? 

1. Harus Sadar  : kita harus menyadari bahwa ada empat Fase yang kudu kita lalui saat menjadi mahasiswa. 
  • Pertama kita harus melewati masa orientasi masa orientasi ini kita harus kenal dulu siapa diri kita, apa passion kita, bagaimana kampus kita, siapa kaka-kaka kelas yang bisa menginspirasi dan menjadikan kita untuk mengetahui hal-hal di kampus dan kita harus tahu bagaimana cara belajar kita. 
  • Lalu setelah tahap ini sudah hatam maka kita lanjut ke fase kedua yaitu fase organisasi kenapa? karena diorganisasi kita bisa mendapatkan banyak ilmu baru, kita akan dapat relasi baru dan informasi baru serta kita akan belajar untuk memahami dan membentuk pola pikir dengan menjalin relasi dengan para organisator. 
  •  Ketiga tahap prestasi : setelah kita sudah mengenal dan membangun relasi serta sudah banyak kegiatan yang kita tahu di masa-masa awal menjadi mahasiswa. Jangan lupakan untuk memasuki fase prestasi. Ikuti lomba-lomba yang ada di kampus, yang ada di regional, nasional maupun internasional yang bisa membuat wawasanmu semakin luas. Jangan malu berprestasi saat menjadi MABA a.k.a Mahasiswa Baru karena justru di masa itu akan banyak waktu luang yang bisa kita alihkan untuk kegiatan lomba. Semakin tinggi semester mata kuliah kita akan menuntut untuk fokus jadi ketika kita masih maba jangan sia-siakan kesempatan emas untuk ikut lomba. FYI, kegiatan lomba apalagi yang berskala nasional maupun internasional akan di support kampus loh. Jadi masa ini bisa kamu jadikan untuk ajang jalan-jalan gretong juga. Kapan lagi coba ? :P
  • Keempat adalah tahap Skripsi. Ketika kamu sudah orientasi, sudah organisasi, sudah berprestasi maka saatnya menunaikan kewajiban untuk membahagiakan orangtua dengan toga di kepalamu. Syukur-syukur kamu bisa menjadi mahasiswa terbaik ketika wisuda kelak. Agar penantian panjang orangtua yang mendukung kulia mu terbayar dengan senyum melihat anaknya tumbuh menjadi generasi terbaik di kampusnya.
2.Harus Gali Potensi  : Pada Masa-masa  kuliah apalagi di semester rendah jangan malas untuk belajar. Ikuti seminar-seminar yang sekiranya mendukung keberkualitasan dirimu. Misalnya seminar tentang kepenulisan karya ilmiah, Seminar Public Speaking, Seminar tentang peran penting mahasiswa ataupun seminar motivasi. Ikuti seminar yang tidak melulu tentang jurusanmu misalnya kamu kuliah di bidang pendidikan, jangan terlalu terpaku untuk terus ikut seminar-seminar pendidikan saja. Namun ikut seminar-seminar lainny seperti seminar ekonomi, politik, budaya, kepemudaan yang bisa membuatmu semakin kaya. 

3. Kuasai ilmu Public Speaking : Keahlian ini bener-bener menunjang dirimu untuk berkualitas di masa kuliah. Secara, di perkuliahan kamu pasti akan ketemu banyak orang. Kamu ingin idemu di dengar, kamu ingin berdiskusi dengan dosen maupun kaka tingkat, kamu ingin menjadi pencetak perubahan. Maka Kamu butuh banget keahlian Public Speaking yang baik. Keahlian ini bukan hal yang bisa didapati dengan cara instan. Harus banyak belajar dan banyak sekali yang ditaklukan untuk bisa menjadi public speaker. Seperti menaklukkan rasa deg-degan, gemeteran, demam panggung, takut, malu menyusun kata-kata. (Nanti kita bahas ditulisan selanjutnya yah)

4. Budayakan Literasi : Sebagai mahasiswa kamu harus punya buku-buku pegangan yang menambah wawasan kamu saat mungkin dosen tidak datang, atau ketika kamu tidak fokus kuliah buku tersebut membantu kamu untuk belajar. Mahasiswa gak punya buku-buku penunjang mah kurang afdhol. Dengan buku-buku tersebut kamu bisa menularkan semangat menuntut ilmu sama teman-temanmu. Mengajak mereka berdiskusi jadi iklim literasinya makin terasa deh! 


5. Hindari Zona Nyaman : Maksud Zona nyaman disini adalah menikmati kuliah dengan biasa-biasa ajah atau jadi kupu-kupu. Sesekali kita harus keluar dari zona nyaman, untuk mengukur kemampuan dan ketahanan diri kita. Untuk menjadikan diri kita naik level juga. Misalnya dengan ikut acara kepemudaan yang, konferensi, lomba-lomba, kuliah ngajar, kuliah sambil organisasi atau apapun itu yang gak membuat kamu jadi kupu-kupu deh. 

6. Susun Target : Tidak hanya di kehidupan kita harus punya target, di kuliah kita juga musti punya target. Seperti target IPK di atas 3,5, target prestasi, target-target mimpi yang harus menjadi wish list dan kita tuliskan pokoknya target yang membuat kita lebih baik di perkuliahan. Jangan lupa juga targetnya di tuliskan yah biar gak lupa. Karena walaupun kita sendiri kadang gak yakin akan target kita siapa tahu Allah mengabulkan atas tekad dan tulisan yang sungguh-sungguh kita buat. 

7. Selalu Ingin Belajar : Nah ini dia yang menurutku adalah hal yang paling penting di perkuliahan. Selalu ingin belajar dan jangan cepat puas. Sering kali kita terjebak atas paradigma kepintaran kita yang akhirnya menjadi boomerang bagi kita untuk gak mau mengosongkan gelas. Padahal ilmu Allah itu luas banget. Semakin kita belajar semakin kita paham bahwa diri kita bukan siapa-siapa. Selalu ingin belajar menjadi reminder juga untuk diriku yang terkadang suka males, suka down ataupun kepusingan ketika mempelajari sesuatu. Pokoknya selalu ingin  belajar di perkuliahan itu WAJIB BANGET HUKUMNYA. Belajar diperkuliahan bukan hanya ketika kita duduk di ruang kuliah yah, tapi juga di luar perkuliahan. 


Oke, aku rasa cukup sharingku pada tulisan kali ini. Semoga bisa menjadi pengingat kita semua yang sedang menyandang status mahasiswa untuk lebig produktif dan gak mager lagi di masa kuliah. Masa kuliah gak akan keulang dua kali dan tidak banyak orang yang memiliki kesempatan menjadi mahasiswa. So, berkembanglah dan nikmati masa kuliah kita.! 

Whatever you can do, or dream you can do, begin it. Boldness has genius, power, and magic in it. Begin it now.” —Goethe



 
 

 

No comments:

Post a Comment